dakwah rasulullah

  1. A.     Madinah Sebelum Kedatangan  Islam

Sebelum Islam datang, kota Madinah bernama kota Yatsrib. Penduduknya terdiri dari dua golongan besar yang sering bertikai dan berperang, yaitu:
1. Golongan bangsa Yahudi yang terdiri dari :
a.Bani Qainuqa
b.Bani Quraizah
c.Bani Nazir
2. Golongan bangsa Arab yang terdiri dari suku Aus dan Khazraj.
Kota Yatsrib termasuk daerah subur dan pusat pertanian serta merupakan jalur perdagangan ramai yang menghubungkan antara Yaman di selatan dan Syiria di Utara.

DAKWAH PERIODE MADINAH

  • Sebelum Rasulullah Saw Hijrah ke Madinah beberapa orang penduduk Madinah yang pada waktu itu disebut Yatsrib telah masuk islam. Pada tahun ke 12 dari kenabian ada 12 orang laki-laki dan seorang perempuan penduduk Yatsrib yang menerima dakwah Rasulullah Saw dan masuk islam.
  • Mereka melakukan Baiat kepada Nabi Muhammad Saw di Bukit Aqabah kemudian peristiwa itu disebut Baiat Aqabah yang pertama. Isi baiat ialah pernyataan setia kepada Nabi Muhammad Saw, rela mengorbankan harta dan jiwa serta ikut menyebarkan agama islam.
  • Pada waktu berikutnya datang lagi rombongan dari Yatsrib berjumlah 73 orang laki-laki dan  2 orang perempuan untuk menunaikan haji.
  • Baiat Aqabah Kubra mempunyai arti yang sangat penting karena dengan demikian ada jaminan untuk terlaksananya dakwah di kota Yatsrib. Sejak saat itu berangsur-angsur kaum muslimin mekkah hijrah ke Yatsrib secara diam-diam agar keberangkatanya tidak diketahui oleh orang-orang kafir Quraisy.
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: